Latest Post

Cisadane “Absen” di Lambang Kota Tangerang Selatan

| Rabu, 04 Januari 2012
Baca selengkapnya »

Setiap daerah (kota, kabupaten atau provinsi) di Indonesia mempunyai lambang daerah masing-masing. Lambang daerah tersebut menggambarkan sejarah, karakteristik dan cita-cita yang ingin dicapai oleh daerah tersebut.

Biasanya juga lambang daerah di Indonesia agak rumit . Sepengetahuan saya, hanya kota Bandung dan Surabaya yang mempunyai lambang daerah yang cukup sederhana.

Ketiga daerah yang memakai nama Tangerang ; Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan juga mempunyai lambang daerah sendiri. Lambang daerah untuk ketiganya dapat dilihat di gambar dibawah :

tgr

Lambang Kabupaten Tangerang, mempunyai unsur : Benteng, Topi Bambu, Padi dan Kapas, Aliran Sungai dan Pita. Benteng tak terlepas dari sejarah Tangerang yang dulu terkenal bernama Benteng. Sedangkan Topi Bambu menurut sejarah merupakan produk andalan dari Tangerang di masa lampau.

Lambang Kota Tangerang terdiri dari Runway, Roda Gerigi, Aliran Sungai , Padi Kapas dan Pita. Runway dikarenakan posisi Bandara Soekarno Hatta yang terletak di kota Tangerang. Roda gerigi menggambarkan Tangerang sebagai kota industri.

Untuk lambang Kota Tangerang Selatan, tidak banyak hal yang saya ketahui. Mencoba mencari referensi online juga tidak ketemu. Unsur utama yang terdapat adalah rumah, padi kapas, bintang dan pita. Padi dan kapas merupakan unsur yang “umum” ditemukan di lambang daerah, menunjukkan kemakmuran dan kesejahteraan. Sedangkan buku mungkin menggambarkan sekolah atau universitas yang banyak terdapat di Tangerang Selatan.

Dari lambang Kota Tangerang Selatan, ada satu hal yang menjadi pertanyaan bagi saya.

Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang kompak untuk memasukkan sungai Cisadane kedalam lambang daerahnya.

Namun saya tidak menemukannya di lambang Kota Tangerang Selatan.

Secara geografis, sungai Cisadane juga mengalir di Kota Tangerang Selatan, sama halnya seperti Kabupaten dan Kota Tangerang. Dan secara historis perkembangan Tangerang juga tidak bisa dilepaskan dari keberadaan sungai Cisadane.

Pasti ada alasan mengapa sungai Cisadane tidak dimasukkan kedalam lambang Kota Tangerang Selatan.

Satu hal yang terlintas di pikiran saya, mungkin karena peranan dari Sungai Cisadane yang dianggap sudah tidak signifikan. Sungai Cisadane tidak lagi sebagai urat nadi perkembangan kota. Sehingga akhirnya pembuat lambang Kota Tangerang Selatan tidak memasukkannya ke dalam lambang.

Menurut anda ?

(Kon. AGS/Ed. ROS)

Referensi :

1. http://www.infotangerang.com/detailKota.php?no=58

2. http://www.depdagri.go.id/pages/profil-daerah/kabupaten/id/36/name/banten/detail/3603/tangerang

Cisadane “Absen” di Lambang Kota Tangerang Selatan

Posted by : Unknown on :Rabu, 04 Januari 2012 With 0komentar

Sejarah Tigaraksa dan Cerita Rakyat

|
Baca selengkapnya »

Apa yang ada dalam benak jika kita mendengar nama “Tigaraksa” yang jelas bukan nama sebuah perusahaan tentunya. Tigaraksa adalah nama sebuah kecamatan yang sekarang telah berkembang menjadi pusat pemerintahan di tingkat kabupaten tangerang. Ya, boleh di bilang ibukotanya kabupaten tangerang. Apa keistimewaannya sehingga sebuah kecamatan yang bernama tigaraksa ini menjadi salah satu pilar di tangerang, ini tidak lain adalah karena adanya keterkaitan dengan asal mula berdirinya tangerang itu sendiri. Berhubung banyak versi berbeda yang berkembang di masyarakat mari kita kupas satu-satu.

Versi sejarah:

Nama Tigaraksa sendiri tercipta dari asal muasal di utusnya 3 utusan pada masa kerajaan / kesultanan banten. Yang kala itu negara kita masih dalam penjajahan belanda. 3 utusan tersebut ialah Aria Yudanegara, Aria Wangsakerta dan Aria Santika. Adapun tugas utama dari ke-3 utusan ini ialah untuk membuat basis-basis pertahanan dari serangan musuh, yang menjadi cikal bakal nama Tigaraksa yaitu tigaraksasa = tiangtiga sebagai kehormatan untuk mengenang para 3 Aria utusan dari kesultanan Banten tersebut. Beberapa nama dari utusan itupun di jadikan nama sebuah jalan yang menghubungkan antara balaraja (tempat bertemunya para raja) dengan Tigaraksa yaitu Jl. Raya Aria Jaya Santika dan Jl. Aria Wangsakara.

Wilayah basis pertahanan ini di jadikan tempat perkampungan dan tempat pemerintahan. Beberapa penduduk perkampungan dari arah timur banyak yang mengungsi kedaerah tersebut untuk menghindari serangan belanda. Lambat laun belanda pun akhirnya dapat menumbangkan pemerintahan dari ketiga Aria tersebut dan pada saat yang bersamaan pula di bangun tugu prasasti di bagian barat Sungai Cisadane oleh Pangeran Soegri, salah seorang putra Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten. Tugu prasasti tersebut oleh masyarakat biasa di sebut “Tanggeran” yang pada akhirnya di kenal sebagai Tangerang. (sumber: tangerangkab.go.id, wikimu.com dan kecamatantigaraksa.com )

Versi Cerita Rakyat:

Lain halnya dengan yang berkembang di masyarakat. Ternyata ada versi lain di balik cerita tentang Tigaraksa. Bahwa nama Tigaraksa itu telah ada sebelum datangnya para utusan kesultanan Banten yaitu cerita di balik 3 tokoh penyebaran islam. Ki Mas Laeng, Ki Seteng dan Syeh Mubarok.

Dahulu kala ada 2 kesatria yang memiliki kesaktian luar biasa, mereka masih memeluk agama hindu yaitu Ki Mas Laeng dan Ki Seteng. Mereka berdua saling bermusuhan hingga akhirnya memutuskan untuk beradu ilmu kesaktiannya untuk menentukan siapa yang paling kuat.

Di antara pertempuran antara hidup dan mati tersebut tanpa sengaja datanglah seorang ulama bernama Syeh Mubarok yang berasal dari negara timur tengah di mana saat itu di sedang melakukan perjalanan; Nama Syeh Mubarok sendiri di berikan oleh penduduk di masa kemudian tempat di mana dia menetap dan menghabiskan sisa hidupnya.

Kembali pada pertempuran, akhirnya Syeh Mubarok memisahkan pertempuran adu ilmu tersebut. Dengan kearifan sang syeh kedua kesatria itupun memeluk islam hingga meneteskan air mata dan memutuskan untuk menjadi murid . Tempat bertemunya ke 3 tokoh itu sekarang di sebut Cisoka dalam bahasa sunda Ci Soca yang berarti air mata. Maka 2 murid beserta sang Syeh mulai menyebarkan agama islam. Adapun nama dari 2 kesatria di jadikan salah satu nama jalan di daerah Tigaraksa dan Syeh Mubarok sendiri, di makamkan di Kp. Kelapa Dua. wallahualam ( sumber dari beberapa warga pribumi )

Kesimpulan: Sebuah nama dari suatu daerah atau suatu tempat. semuanya tidak luput dari sejarah awal muasalnya. Tujuan utama nama itu sendiri ialah untuk mengenang dan juga sebagai penghormatan bagi para tokoh di masa lalu. Adapun tugas kita sekarang ialah meneruskan semangat dan cita-cita mereka walaupun mungkin cerita yang ada memiliki versi yang berbeda-beda.


Sumber : Komunitas Blogger Benteng

Sejarah Tigaraksa dan Cerita Rakyat

Posted by : Unknown on : With 0komentar

Pertimbangkan Sebelum Bilang 'Aku Cinta Kamu'

|
Baca selengkapnya »
Mengatakan cinta bukanlah perkara mudah. Bagaimana mengetahui bahwa Anda benar-benar di mabuk cinta dengan orang yang tepat, dan orang tersebut pun memiliki perasaan yang sama?

Pakar hubungan Dr. Drew dan Paul Carrick Brunson membocorkan rahasia untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengatakan 'aku cinta kamu'. Termasuk, apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum mengungkapkannya.

Apa motivasi Anda?
Kenapa Anda merasa begitu siap mengatakan cinta? Jangan mengatakannya, kecuali Anda bersungguh-sungguh. Jangan berpikir bahwa ungkapan cinta adalah sesuatu yang dapat diungkapkan begitu saja pada saat Anda benar-benar menyukai seseorang.

"Banyak orang yang dapat membuat Anda merasakan benar-benar suka, tapi cinta menunjukkan ikatan yang melampaui basa-basi umum," ujar Dr. Drew, seperti dikutip dari Shine.

Apa perasaan tersebut benar-benar cinta atau nafsu belaka?

Sangat mudah mengaburkan dua fakta tersebut. Pikirkan baik-baik. Jika Anda sangat bersemangat, bergairah, tidak lain dan tidak bukan perasaan itu hanya nafsu untuk memiliki atau nafsu seksual. Perasaan cinta memerlukan lebih dari sebatas gairah.

Apakah motivasi Anda tulus?

Sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius, instrospeksi diri. Jika Anda memiliki sejarah selalu jadi yang pertama mengatakan cinta, buatkan jadwal untuk diri sendiri. Tidak peduli seberapa kuat rasa tersebut, taktik 'wait and see' saat pendekatan, selalu berhasil membuat kesimpulan.

Bagaimana perasaan calon pasangan terhadap Anda?


Tentu Anda ingin memastikan perasaan si dia. Apakah dia juga memiliki perasaan yang sama dengan Anda atau tidak. Pastikan status dari hubungan Anda dan dia, jangan pernah membiarkan diri terperangkap dalam hubungan tanpa kejelasan.

Untuk Anda yang lambat dalam proses pendekatan

Jika Anda adalah penolak cinta kronis yang terkadang memakan waktu hingga enam bulan sampai satu tahun untuk mengungkapkan perasaan. Anda mungkin perlu melakukan semacam penilaian yang berbeda.

Bagi Anda yang hanya bisa memberikan waktu, bukan komitmen atau bahkan hati, Anda harus mengatakannya. Tujuannya adalah bersikap adil, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi perasaan orang lain. Jangan sampai Anda menggantungkan perasaan orang lain hanya untuk memastikan perasaan Anda.

Kapan waktu yang tepat mengatakan cinta?

Bahkan dengan semua panduan ini, tidak ada jadwal yang tepat untuk mengungkapkan kata cinta. Pada intinya, hal ini tentang bagaimana menilai perasaan Anda dan si dia, serta menghitung risiko jika Anda mengatakannya.

Sumber: Gaulpanas.com

Pertimbangkan Sebelum Bilang 'Aku Cinta Kamu'

Posted by : Unknown on : With 0komentar

Alasan Kita Perlu Memakai Bantal Saat Tidur

|
Baca selengkapnya »



Salah satu alasan utama kita menggunakan bantal ada hubungannya dengan hubungan yang rumit antara kepala, leher, dan tulang punggung. Ketika seseorang berjalan tegak pada siang hari, kepala dan leher yang berada di jajaran vertikal di atas tulang belakang dengan pengaturan yang kompleks otot dan tendon. Namun, Selama tidur, banyak dari otot-otot ini yang santai, menyebabkan kepala jatuh ke belakang atau ke depan. Ini menempatkan tambahan tekanan pada otot leher dan tulang belakang, yang pada gilirannya memicu kekakuan pada otot punggung dan tulang belakang.

Solusi untuk situasi menyakitkan ini adalah untuk mengangkat kepala dan leher sampai mereka kembali sesuai dengan tulang belakang, terlepas dari posisi tidur. Cara termudah untuk mencapai keselarasan didukung ini adalah dengan menggunakan bantal hingga sudut yang tepat akan tercapai. Ketika kepala, leher, dan tulang punggung kembali selaras, seseorang harus dapat bernapas lebih mudah dan telah meningkatkan sirkulasi.

Ada beberapa bentuk bantal yang berbeda, semuanya dirancang untuk mengatasi masalah penyelarasan yang berbeda. Sebuah bantal ortopedi yang kebanyakan untuk tidur di malam hari digunakan untuk menjaga agar kepala, tulang belakang, dan lutut didukung dalam posisi tidur yang nyaman. Beberapa orang menggunakan bantal di antara lutut atau paha mereka untuk memberikan dukungan bagi punggung bagian bawah dan pinggul. Sebuah bantal lumbal juga dapat mengisi kesenjangan antara punggung bawah dan kursi atau kasur.


Secara historis, bantal kain pertama dinikmati hampir secara eksklusif oleh keluarga kerajaan dan warga negara kaya lainnya. Warga kelas bawah dan petani mungkin memiliki dasar gaya bantal dari jerami, tetapi kemungkinan besar mereka menggunakan senjata mereka sendiri untuk memberikan dukungan sementara mereka tidur. Meluasnya penggunaan bantal itu tidak mungkin sampai Revolusi Industri membuat produksi grosir kain realitas yang terjangkau.

Budaya kuno tertentu tidak menggunakan bantal terbuat dari kain lembut dan isinya, namun. Bantal sering diukir dari blok keras batu atau kayu, yang tidak tidur menjaga kepala dan tulang belakang sejajar tapi kenyamanan tidak bisa mengklaim sebagai salah satu keuntungan. Syukurlah, di jaman modern ini tersedia bantal empuk dengan busa karet, busa memori terapeutik, atau soba hulls. Triknya adalah untuk menemukan jumlah yang tepat untuk mencapai kesejajaran yang ideal untuk tidur malam nyaman.

sumber: http://bos-sulap.blogspot.com/2010/01/alasan-kita-perlu-memakai-bantal-saat.html

Alasan Kita Perlu Memakai Bantal Saat Tidur

Posted by : Unknown on : With 0komentar
Tag :

Waktu dan Cinta

|
Baca selengkapnya »

Waktu dan Cinta

"This time, like all times, is a very good one, if we know what to do with it."




Alkisah di suatu pulau kecil, tinggallah berbagai macam benda-benda abstrak:
ada Cinta, Kesedihan, Kekayaan, Kegembiraan dan sebagainya.
Mereka hidup berdampingan dengan baik.
Namun suatu ketika, datang badai menghempas pulau kecil itu dan air laut tiba-tiba naik dan akan menenggelamkan pulau itu.
Semua penghuni pulau cepat-cepat berusaha menyelamatkan diri.
Cinta sangat kebingungan sebab ia tidak dapat berenang dan tak mempunyai perahu.


Ia berdiri di tepi pantai mencoba mencari pertolongan.
Sementara itu air makin naik membasahi kaki Cinta.
Tak lama Cinta melihat Kekayaan sedang mengayuh perahu.

"Kekayaan! Kekayaan! Tolong aku!" teriak Cinta.
"Aduh! Maaf, Cinta!" kata Kekayaan, "Perahuku telah penuh dengan harta bendaku.
Aku tak dapat membawamu serta, nanti perahu ini tenggelam.
Lagipula tak ada tempat lagi bagimu di perahuku ini."

Lalu Kakayaan cepat-cepat mengayuh perahunya pergi.
Cinta sedih sekali, namun kemudian dilihatnya Kegembiraan lewat dengan perahunya. "Kegembiraan! Tolong aku!", teriak Cinta.
Namun Kegembiraan terlalu gembira karena ia menemukan perahu sehingga ia tak mendengar teriakan Cinta.
Air makin tinggi membasahi Cinta sampai ke pinggang dan Cinta semakin panik.

Tak lama lewatlah Kecantikan.
"Kecantikan! Bawalah aku bersamamu!", teriak Cinta.
"Wah, Cinta, kamu basah dan kotor. Aku tak bisa membawamu ikut.
Nanti kamu mengotori perahuku yang indah ini." sahut Kecantikan.

Cinta sedih sekali mendengarnya.
Ia mulai menangis terisak-isak. Saat itu lewatlah Kesedihan.
"Oh, Kesedihan, bawalah aku bersamamu," kata Cinta.
"Maaf, Cinta. Aku sedang sedih dan aku ingin sendirian saja..." kata Kesedihan sambil terus mengayuh perahunya.

Cinta putus asa.
Ia merasakan air makin naik dan akan menenggelamkannya.
Pada saat kritis itulah tiba-tiba terdengar suara, "Cinta! Mari cepat naik ke perahuku!"
Cinta menoleh ke arah suara itu dan melihat seorang tua dengan perahunya.
Cepat-cepat Cinta naik ke perahu itu, tepat sebelum air menenggelamkannya.

Di pulau terdekat, orang tua itu menurunkan Cinta dan segera pergi lagi.
Pada saat itu barulah Cinta sadar bahwa ia sama sekali tidak mengetahui siapa orang tua yang menyelamatkannya itu.
Cinta segera menanyakannya kepada seorang penduduk tua di pulau itu, siapa sebenarnya orang tua itu.
"Oh, orang tua tadi? Dia adalah Waktu." kata orang itu.

"Tapi, mengapa ia menyelamatkanku? Aku tak mengenalnya.
Bahkan teman-teman yang mengenalku pun enggan menolongku" tanya Cinta heran.
"Sebab," kata orang itu, "Hanya Waktu lah yang tahu berapa nilai sesungguhnya dari Cinta itu."

Sumber : http://motivasiandi.blogspot.com

Waktu dan Cinta

Posted by : Unknown on : With 0komentar

PSIKOLOGI SOSIAL

|
Baca selengkapnya »
Psikologi sosial adalam merupakan cabang ilmu dari psikologi yang baru muncul dan intensif dipelajari pada tahun 1930. Secara sederhana objek material dari psikologi sosial adalah fakta - fakta, gejala - gejala serta kejadian - kejadian dalam kehidupan sosial manusia. Sekilas ternyata objek psikologi sosial mirip dengan ilmu sosiolgi dan bila digambarkan sebenarnya psikologi sosial adalah merupakan pertemuan irisan antara ilmu psikologi dan ilmu sosilogi.
Ada berbagai macam definisi psikologi sosial antara lain :
  • Psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia ( Hubert Bonner )
  • Ilmu yang memepelajari tingkah laku manusia sebagai anggota suatu masyarakat ( AM Chorus )
  • Ilmu yang mempelajari Segi-segi psikologi tingkah laku manusia yang dipengarui interaksi sosial
  • Social psychology is the scientific study how people think about, influence, and relato to another ( Myers : 1983 )
  • Psikologi sosial adalah studi alami tentang sebab-sebab dari perlaku sosial manusia ( Michener Delamater : 1999 )
Gordon Allport ( 1968 ) menjelaskan bahwa seorang boleh disebut sebagai psikolog sosial jika dia "berupaya memahami, menjelaskan, dan memprediksi bagaimana pikiran, perasaan, dan tindakan individu-individu dipengaruhi oleh pikiran, perasaan, dan tindakan - tindakan orang lain yang dilihatnya, atau bahkan hanya dibayangkannya"

a. Konsep diri
Masalah-masalah rumit yang dialami manusia, seringkali dan bahkan hampir semua sebenarnya berasal dari dalam diri. Mereka tanpa sadar menciptakan mata rantai masalah yang berakar dari problem konsep diri. Dengan kemampuan berpikir dan menilai, manusia malah suka menilai yang macam-macam terhadap diri sendiri maupun sesuatu atau orang lain – dan bahkan meyakini persepsinya yang belum tentu obyektif. Dari situlah muncul problem seperti inferioritas, kurang percaya diri, dan hobi mengkritik diri sendiri.
Konsep diri dapat didefinisikan secara umum sebagai keyakinan, pandangan atau penilaian seseorang terhadap dirinya. Definisi yang lebih rinci lagi adalah sebagai berikut :
  • Konsep diri adalah keyakinan yang dimiliki individu tentang atribut ( ciri - ciri sifat ) yang dimiliki ( Brehm ; Kassin, 1993 ).
  • Atau juga diartikan sebagai pengetahuan dan keyakinan yang dimilki individu tentang karakteristik dan ciri - ciri pribadinya ( Worchel, 2000 ).
  • Definisi lain menyebutkan bahwa Konsep diri merupakan semua perasaan dan pemikiran seseorang mengenai dirinya sendiri. Hal ini meliputi kemampuan, karakter diri, sikap, tujuan hidup, kebutuhan dan penampilan diri
  • Those physical, social and psychological perceptions of ourselves that we have derived from experiences and our interaction with others ( William D Brooks : 1974 )
Seseorang dikatakan mempunyai konsep diri negatif jika ia meyakini dan memandang bahwa dirinya lemah, tidak berdaya, tidak dapat berbuat apa-apa, tidak kompeten, gagal, malang, tidak menarik, tidak disukai dan kehilangan daya tarik terhadap hidup. Orang dengan konsep diri negatif akan cenderung bersikap pesimistik terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Ia tidak melihat tantangan sebagai kesempatan, namun lebih sebagai halangan. Orang dengan konsep diri negatif, akan mudah menyerah sebelum berperang dan jika gagal, akan ada dua pihak yang disalahkan, entah itu menyalahkan diri sendiri ( secara negatif ) atau menyalahkan orang lain.
Sebaliknya seseorang dengan konsep diri yang positif akan terlihat lebih optimis, penuh percaya diri dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap kegagalan yang dialaminya. Kegagalan bukan dipandang sebagai kematian, namun lebih menjadikannya sebagai penemuan dan pelajaran berharga untuk melangkah ke depan. Orang dengan konsep diri yang positif akan mampu menghargai dirinya dan melihat hal-hal yang positif yang dapat dilakukan demi keberhasilan di masa yang akan datang.
Ada dua komponen dalam konsep diri yaitu komponen kognitif dan komponen afektif. Komponen kognitif disebut sebagai citra diri ( self image ) sedangkan komponen afektif adalah harga diri ( self esteem ).
Konsep diri terbentuk akibat pengalaman interaksi dengan orang lain yaitu dengan menemukan apa yang orang lain pikirkan tentang diri individu tersebut. Ini yang disebut dengan penaksiran yang direfleksikan dan ini merupakan hal penting dalam pembentukan konsep diri. Penaksiran diri ( reflected apprasial ) menunjuk pada ide bahwa manusia menaksir dirinya sendiri dengan mereflksikan atau bercermin dari bagaimana orang menaksir dirinya “looking glass self”. Jadi hakekat konsep diri sesungguhnya merupakan membayangkan apa yang orang lain pikirkan tentang diri sendiri.
b. Proses Pembentukan Konsep Diri
Konsep diri terbentuk melalui proses belajar sejak masa pertumbuhan seorang manusia dari kecil hingga dewasa. Lingkungan, pengalaman dan pola asuh orang tua turut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap konsep diri yang terbentuk. Sikap atau respon orang tua dan lingkungan akan menjadi bahan informasi bagi anak untuk menilai siapa dirinya. Oleh sebab itu, seringkali anak - anak yang tumbuh dan dibesarkan dalam pola asuh yang keliru dan negatif, atau pun lingkungan yang kurang mendukung, cenderung mempunyai konsep diri yang negatif.
Hal ini disebabkan sikap orang tua yang misalnya : suka memukul, mengabaikan, kurang memperhatikan, melecehkan, menghina, bersikap tidak adil, tidak pernah memuji, suka marah - marah, dsb dianggap sebagai hukuman akibat kekurangan, kesalahan atau pun kebodohan dirinya. Jadi anak menilai dirinya berdasarkan apa yang dia alami dan dapatkan dari lingkungan. Jika lingkungan memberikan sikap yang baik dan positif, maka anak akan merasa dirinya cukup berharga sehingga tumbuhlah konsep diri yang positif.
Konsep diri ini mempunyai sifat yang dinamis, artinya tidak luput dari perubahan. Ada aspek-aspek yang bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu, namun ada pula yang mudah sekali berubah sesuai dengan situasi sesaat. Misalnya, seorang merasa dirinya pandai dan selalu berhasil mendapatkan nilai baik, namun suatu ketika dia mendapat angka merah. Bisa saja saat itu ia jadi merasa “bodoh”, namun karena dasar keyakinannya yang positif, ia berusaha memperbaiki nilai.
Dalam konsep diri ini terdapat beberapa unsur antara lain :
1. Penilaian diri merupakan pandangan diri terhadap:
  • Pengendalian keinginan dan dorongan-dorongan dalam diri. Bagaimana kita mengetahui dan mengendalikan dorongan, kebutuhan dan perasaan - perasaan dalam diri kita.
  • Suasana hati yang sedang kita hayati seperti bahagia, sedih atau cemas. Keadaan ini akan mempengaruhi konsep diri kita positif atau negatif.
  • Bayangan subyektif terhadap kondisi tubuh kita. Konsep diri yang positif akan dimiliki kalau merasa puas ( menerima ) keadaan fisik diri sendiri. Sebaliknya, kalau merasa tidak puas dan menilai buruk keadaan fisik sendiri maka konsep diri juga negatif atau akan jadi memiliki perasaan rendah diri.
2. Penilaian sosial merupakan evaluasi terhadap bagaimana individu menerima penilaian lingkungan sosial pada diri nya.
  • Penilaian sosial terhadap diri yang cerdas, supel akan mampu meningkatkan konsep diri dan kepercayaan diri. Adapun pandangan lingkungan pada individu seperti si gendut, si bodoh atau si nakal akan menyebabkan individu memiliki konsep diri yang buruk terhadap dirinya.
3. Konsep lain yang terdapat dalam pengertian konsep diri adalah self image atau citra diri, yaitu merupakan gambaran :
  • Siapa saya, yaitu bagaimana kita menilai keadaan pribadi seperti tingkat kecerdasan, status sosial ekonomi keluarga atau peran lingkungan sosial kita.
  • Saya ingin jadi apa, kita memiliki harapan-harapan dan cita-cita ideal yang ingin dicapai yang cenderung tidak realistis. Bayang-bayang kita mengenai ingin jadi apa nantinya, tanpa disadari sangat dipengaruhi oleh tokoh - tokoh ideal yang yang menjadi idola, baik itu ada di lingkungan kita atau tokoh fantasi kita.
  • Bagaimana orang lain memandang saya, pertanyaan ini menunjukkan pada perasaan keberartian diri kita bagi lingkungan sosial maupun bagi diri kita sendiri.
Konsep diri yang terbentuk pada diri juga akan menentukan penghargaan yang berikan pada diri. Penghargaan terhadap diri atau yang lebih dikenal dengan self esteem ini meliputi penghargaan terhadap diri sebagai manusia yang memiliki tempat di lingkungan sosial. Penghargaan ini akan mempengaruhi dalam berinteraksi dengan orang lain.
c. Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri
Berbagai faktor dapat mempengaruhi proses pembentukan konsep diri seseorang. Secara umum konsep diri dipengaruhi oleh orang lain dan kelompok rujukan. Manusia mengenal dirinya secara kodrati didahului oleh pengenalan terhadap orang lain terlebih dahulu, namun tidak semua orang mempunyai pengaruh yang sama. Yang paling berpengaruh adalah orang lain yang paling dekat dengan diri kita yang terbagi 3 golongan. Golongan pertama disebut sebagai significant others yaitu orang tua dan saudara. Golongan ke dua disebut sebagai affective others yaitu orang lain yang memiliki ikatan emosional seperti sahabat karib. Golongan ke tiga disebut sebagai generalized otheri yaitu keseluruhan dari orang-orang yang dianggap memberikan penilaian terhadap diri sendiri.
Sementara kelompok rujukan mempengaruhi konsep diri karena ikatan-ikatan norma-norma yang dilekatkan pada diri manusia. Sehingga konsep diri terbentuk karena penyesuain diri dengan norma-norma yang berlaku dalam kelompok tersebut.
Namun secara detail konsep diri dipengaruhi oleh faktor - faktor seperti tersebut di bawah ini :
1. Pola asuh orang tua
  • Pola asuh orang tua seperti sudah diuraikan di atas turut menjadi faktor signifikan dalam mempengaruhi konsep diri yang terbentuk. Sikap positif orang tua yang terbaca oleh anak, akan menumbuhkan konsep dan pemikiran yang positif serta sikap menghargai diri sendiri. Sikap negatif orang tua akan mengundang pertanyaan pada anak, dan menimbulkan asumsi bahwa dirinya tidak cukup berharga untuk dikasihi, untuk disayangi dan dihargai; dan semua itu akibat kekurangan yang ada padanya sehingga orang tua tidak sayang
2. Kegagalan
  • Kegagalan yang terus menerus dialami seringkali menimbulkan pertanyaan kepada diri sendiri dan berakhir dengan kesimpulan bahwa semua penyebabnya terletak pada kelemahan diri. Kegagalan membuat orang merasa dirinya tidak berguna.
3. Depresi
  • Orang yang sedang mengalami depresi akan mempunyai pemikiran yang cenderung negatif dalam memandang dan merespon segala sesuatunya, termasuk menilai diri sendiri. Segala situasi atau stimulus yang netral akan dipersepsi secara negatif. Misalnya, tidak diundang ke sebuah pesta, maka berpikir bahwa karena saya “miskin” maka saya tidak pantas diundang.
  • Orang yang depresi sulit melihat apakah dirinya mampu survive menjalani kehidupan selanjutnya.
  • Orang yang depresi akan menjadi super sensitif dan cenderung mudah tersinggung atau “termakan” ucapan orang.
4. Kritik internal
  • Terkadang, mengkritik diri sendiri memang dibutuhkan untuk menyadarkan seseorang akan perbuatan yang telah dilakukan. Kritik terhadap diri sendiri sering berfungsi menjadi regulator atau rambu-rambu dalam bertindak dan berperilaku agar keberadaan kita diterima oleh masyarakat dan dapat beradaptasi dengan baik
d. Merubah Konsep Diri
Seringkali diri sendirilah yang menyebabkan persoalan bertambah rumit dengan berpikir yang tidak-tidak terhadap suatu keadaan atau terhadap diri sendiri. Namun, dengan sifatnya yang dinamis, konsep diri dapat mengalami perubahan ke arah yang lebih positif.
Langkah - langkah yang perlu diambil untuk memiliki konsep diri yang positif :
1. Bersikap obyektif dalam mengenali diri sendiri
  • Jangan abaikan pengalaman positif atau pun keberhasilan sekecil apapun yang pernah dicapai. Lihatlah talenta, bakat dan potensi diri dan carilah cara dan kesempatan untuk mengembangkannya. Janganlah terlalu berharap bahwa Anda dapat membahagiakan semua orang atau melakukan segala sesuatu sekaligus. You can’t be all things to all people, you can’t do all things at once, you just do the best you could in every way....
2. Hargailah diri sendiri
  • Tidak ada orang lain yang lebih menghargai diri kita selain diri sendiri. Jikalau kita tidak bisa menghargai diri sendiri, tidak dapat melihat kebaikan yang ada pada diri sendiri, tidak mampu memandang hal-hal baik dan positif terhadap diri, bagaimana kita bisa menghargai orang lain dan melihat hal-hal baik yang ada dalam diri orang lain secara positif? Jika kita tidak bisa menghargai orang lain, bagaimana orang lain bisa menghargai diri kita ?
3. Jangan memusuhi diri sendiri
  • Peperangan terbesar dan paling melelahkan adalah peperangan yang terjadi dalam diri sendiri. Sikap menyalahkan diri sendiri secara berlebihan merupakan pertanda bahwa ada permusuhan dan peperangan antara harapan ideal dengan kenyataan diri sejati ( real self ). Akibatnya, akan timbul kelelahan mental dan rasa frustrasi yang dalam serta makin lemah dan negatif konsep dirinya
4. Berpikir positif dan rasional
  • We are what we think. All that we are arises with our thoughts. With our thoughts, we make the world ( The Buddha ). Jadi, semua itu banyak tergantung pada cara kita memandang segala sesuatu, baik itu persoalan maupun terhadap seseorang. Jadi, kendalikan pikiran kita jika pikiran itu mulai menyesatkan jiwa dan raga.
e. Konsep diri dan komunikasi
Pada akhirnya konsep diri akan berpengaruh pada kemampuan dan penerimaan manusia dalam melakukan komunikasi. Joseph luft dan Harrington Ingham memperkenalkan konsep diri yang disebut dengan Johari Window .
Kaca kepribadian yang terdiri empat bagia, antara lain :
1. Open Area ( wilayah terbuka )
  • Kepribadian, kelebihan, dan kekurangan yang diketahui diri sendiri dan orang lain. Jika wilayah terbuka semakin lebar maka komunikasi semakin efektif begitu jugas sebaliknya. Dalam komunikasi mendesakkan kehendak maka akan mengundang terjadinya konflik. OKI perlu adanya kemampuan mempertemukan keinginan diriu dan orang lain.
2.Blind Area ( Wilayah buta )
  • Diri tidak mengetahui kekurangan tetapi orang lain justru lebih tahu. Wilayah buta yang melebar mendesak wilayah lain akan mengakibatkan kesulitan komunikasi .
3. Hidden Area ( Wilayah tersembunyi )
Kemampuan dalam diri yang tersembunyi dan tidak diketahui orang lain.
Ada dua konsep dalam diri yang tersembunyi ini :
  • Over disclose : sikap terlalu banyak mengungkapkan sesuatu.
  • Under disclose : sikap terlalu menutupi sesuatu yang harus diungkapkan.
4. Unknown Area ( Wilayah tak dikenal )
  • Merupakan wilayah yang paling kritis dalam komunikasi, sebab selain diri sendiri yang tidak mengetahui juga orang lain tidak mengetahui.
Oleh : Edwi Arief Sosiawan, SIP, Msi

PSIKOLOGI SOSIAL

Posted by : Unknown on : With 0komentar
Tag :

कंटोल पनेल

|
Baca selengkapnya »



















कंटोल पनेल

Posted by : Unknown on : With 0komentar

Caplokan Malaysia

|
Baca selengkapnya »

Saya masih belum paham ketika lihat berita ratusan anggota Forum Betawi Rempug bentrok dengan polisi di halaman Kedutaan Malaysia di Jakarta. Sama tak pahamnya ketika sekilas mendengar siaran televisi bahwa TNI AU menggelar latihan, yang konon untuk jaga-jaga di perbatasan Kalimantan Barat. Memangnya, Malaysia sesalah apa?

Kadang saya berpikir agak konyol. Andai warga sekitar perbatasan merasa nyaman menjadi warga Malaysia, kira-kira siapa yang harus disalahkan? Jika selama ini, memiliki KTP Indonesia, namun tak pernah mendapat perlakuan selayaknya warga negara?

Seorang teman aktivis yang kerap keluar-masuk Kalimantan pernah cerita. Bahkan, sejak lima tahun silam, is tak merasa ada perubahan do sana. Kebutuhan pokok hingga semen produk Malaysia, misalnya, bisa mereka peroleh dengan setengah harga dari Indonesia. Maka, orang Indonesia lebih memilih belanja aneka keperluan di perbatasan.

Hak dan kewajiban yang timpang, antara negara dengan warganya bisa berakibat apa saja. Jangan dulu bicara nasionalisme, apalagi mempertanyakannya. Ketika negara absen, pemerintahnya tak memberi perhatian kepada rakyatnya sendiri, apa yang bisa diperbuat?

Jangankan terhadap warga perbatasan, di ‘pedalaman’ yang dekat dengan pemerintahan saja masih banyak yang terabaikan. Kemauan baik pemerintah, para penyelenggara negara itu, selalu hadir secara samar-samar, antara ada dan tiada. Berapa banyak penduduk miskin sulit mengakses jaminan kesehatan dan pendidikan, selalu ditutup-tutupi dengan citra baik dengan dukungan statistik sebagai pembenar.

Mungkin, bagi pejabat di Jakarta tak merasa kehilangan, meski lahan yang diduga dicaplok di Camar Bukan itu mencapai 1.400 hektar. Karena secara statistik persentasenya kecil, toh tak mengurangi luas wilayah negara secara signifikan. Angka itu, pun cuma setara dengan kepemilikan hak pengusahaan hutan (HPH) pengusaha kelas start up lokal.

Kadang-kadang, saya tergelitik untuk mereka-reka gosip. Jangan-jangan itu cuma sandiwara untuk mengalihkan isu sensitif bbagi sekelompok elit politik, atau sekadar warming up menjelang KTT ASEAN di Bali, bulan depan.

Andai benar demikian, kira-kira apa yang bisa dilakukan pemerintah, entah itu presiden, TNI sebagai penjaga kedaulatan wilayah, DPR, Kementrian Luar Negeri, atau para Blogger ASEAN?

Andai perangnya cuma antara Blogger Indonesia dan Malaysia, paling cuma lewat linimasa Twitter, atau penggalangan dukungan lewat Facebook. Agak ragu kalau banyak yang mengangkatnya lewat postingan di blog. Blogger kita, kayaknya masih perlu banyak belajar. Setidaknya, mengenai wawasan ketahanan nasional, juga strategi diplomasi sipil.

Sumber: http://blontankpoer.com/2011/10/14/caplokan-malaysia/comment-page-1/#comment-4938

Caplokan Malaysia

Posted by : Unknown on : With 0komentar

Pembuat Facebook, Pemuda Terkaya di dunia

| Minggu, 01 Januari 2012
Baca selengkapnya »


Siapa yang gak tahu Facebook? Kalau nggak tahu, udah pasti tuh orang kuper abis, atau bisa jadi baru dateng dari luar angkasa. Situs ini sekarang jadi situs pertemanan paling terkenal diseluruh dunia. Mulai dari anak kecil, orang tua, artis, hingga politikus mengakses situs ini. Saking terkenalnya, Facebook sekarang sudah menggunakan 57 bahasa dunia.
FACEBOOK diluncurkan pertama kali 4 februari 2004 oleh seorang mahasiswa Harvard bernama Mark Elliot Zuckerberg. Lelaki jenius ini lahir di New York, 14 mei 1984 dan besar dalam keluarga normal di Dobbs Ferry. Saat duduk di SMA Phillip Exeter Academy, mark membuat program komunikasi antar karyawan kantor ayahnya yang membuka praktek dokter gigi. Setelah itu dia menciptakan program pemutar musik (music player) Synapse. Dari gagasan tersebut, perusahaan besar Microsoft dan AOL meliriknya. Mereka berebut ingin merekrut Mark sebagai pegawai. Tapi keduanya ditolak mentah-mentah dengan alasan ingin kuliah.

Tahun 2003, dia menciptakan Coursematch, situs yang membiarkan mahasiswa memilih kelas berisi teman- teman yang diinginkan. Lalu terciptalah ide jaringan sosial Facemash.com. Sebenarnya ia sengaja menciptakan situs ini sebagai bentuk protes situs resmi Harvard yang tidak mencantumkan direktori khusus untuk foto mahasiswa. Menurutnya justru dengan adanya foto dan data diri, seluruh mahasiswa bisa mengenal satu sama lain. Apesnya, Harvard minta situs ini ditutup. Mark diharuskan menghadap Departemen Pelayanan Jaringan Harvard dan membayar denda.

Karena dianggap membobol keamanan situs resmi universitas. Tapi dia gak patah semangat, tahun 2004 dia membuat program “The Rome o f august ” untuk membantu belajar ujian akhir untuk mata kuliah sejarah. Dari program ini, setiap mahasiswa dapat mengirim informasi dan komentar satu sama lain. Hasilnya belajar lebih cepat, praktis, dan mudah mengerti disbanding lewat buku biasa.

Berkat programnya, mark dan kawan sekelasnya mendapatkan nilai A, nilai terbaik sepanjang sejarah Harvard untuk mata kuliah sejarah. Kejeniusan Mark melesat seperti roket dia meluncurkan Facebook dari kamar asramanya di Harvard, 15 February 2004. dalam waktu yang relative singkat, dua pertiga mahasiswa Harvard aktif di Facebook. Kemudian, banyak permintaan dari kampus dan sekolah lain untuk gabung di Facebook. Puncaknya, empat bulan kemudian Facebook beranggota lebih dari 45 kampus dan sekolah di Amerika.

Sebenarnya ide original Facebook nggak datang ketika Mark kuliah di Harvard. Tapi, dia sudah memikirkannya ketika di SMA. Philips Exeter academy, tepat Mark sekolah, punya buku tradisi yang bernama “The Exeter Facebook”. Nah, dalam buku ini setiap siswa dan komunitas sekolah mengisi biodata mereka secara bergilir satu sama lain. Dari situ, Mark membawa ide Facebook ke internet.

Karena niat, dia menggandeng Dustin Moskovitz dan Crish Hughes teman sekamarnya mengembangkan Facebook. Lalu dia membuat keputusan terbesar dalam hidupnya, berhenti kuliah. Mark yang pengangguran pindah ke Palo Alto California. Berkat kegigihannya, pendiri Paypal, Peter Thiel, dan pendiri Napster, Sean Parker memberikan investasi pertamanya. Akhirnya, agustus 2005 perusahaan Facebook resmi didirikan. Sayangnya, Mark mengembangkan perusahaannya sendirian, nggak bersama timnya lagi.

Facebook berkembang sangat pesat. Saat ini tercatat 175 juta pengguna aktif yang mengaku jatuh cinta dengan aplikasi dan fasilitasnya. Facebook pun kebanjiran uang.

Tiba-tiba, teman sekelasnya Divya Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss menuduh Mark meniru, mereka mengklaim Mark mencuri ide mereka mulai dari design, rencana bisnis dan source code. Apalagi menurut penjelasan mereka, mark pernah disewa untuk menyelesaikan situs mereka, connectU. Sayangnya gugatan ini ditentang pengadilan.

Kontroversi seputar Facebook terus berlanjut. Friendster mengajukan tawaran membeli situsnya seharga 10 juta USD. Yang paling mencengangkan dia menolak Viacom dan yahoo! Dengan harga fantastis sebesar 1 milyard Amerika. Berkat prestasinya, Time Magazine mendeklarasikan Mark dalam seratus orang paling berpengaruh. Sedangkan Forbes mengklaim dirinya di posisi ke-321 dari 400 orang terkaya di Amerika dengan total kekayaan yang sama dengan Oprah Winfrey sebesar 1,5 milyar USD.

Dikutip dari Media Komunikasi Indosat Front Liners, Edisi Februari-Maret 2011 p.22

Pembuat Facebook, Pemuda Terkaya di dunia

Posted by : Unknown on :Minggu, 01 Januari 2012 With 0komentar

RIWAYAT HIDUP SUKARNI

|
Baca selengkapnya »


Kelahiran dan Masa Kecil

Nama lengkapnya adalah Sukarni Kartodiwirjo. Sukarni lahir hari Kamis Wage, 14 Juli 1916 di desa Sumberdiran, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Su artinya lebih, Karni artinya banyak memperhatikan. Sukarni diharapkan orangtuanya supaya lebih memperhatikan nasib bangsanya yang kala itu masih dijajah Belanda.

Sukarni merupakan anak keempat dari Sembilan bersaudara. Urutan saudaranya adalah:

1. Hono

2. Sukarmilah

3. Sukardi

4. Sukarni

5. Suparti (Ny. Suparto)

6. Endang Sarti (Ny. Muslimin)

7. Endi sukarto

8. Sukarjo

9. Nama tidak diketahui (meninggal ketika masih kecil)

Ayahnya adalah Kartodiwirjo, keturunan dari Eyang Onggo, juru masak Pangeran Diponegoro. Ibunya bernama Supiah, gadis Kediri. Keluarga Sukarni cukup kaya dibanding penduduk yang lain. Mereka membuka toko daging di pasar Garum dan usahanya sangat laris.

Sukarni masuk sekolah di Mardisiswo di Blitar (semacam Taman siswa-nya Ki Hajar Dewantara). Di sekolah ini Sukarni diajari nasionalisme oleh Moh. Anwar yang berasal dari Banyumas, pendiri Mardidiswo sekaligus tokoh pergerakan Indonesia.

Sebagai anak muda, Sukarni terkenal sebagai tukang onar. Dia sering berkelahi dan hobinya menantang orang Belanda. Dia pernah mengumpulkan 30-50 orang teman-temannya dan mengirim surat tantangan ke anak muda Belanda untuk berkelahi. Lokasinya di kebun raya Blitar, dekat sebuah kolam. Anak-anak Belanda menerima tantangan itu dan terjadilah tawuran. Kelompok Sukarni memenangkan perkelahian itu dan anak Belanda yang kalah dicemplungkan ke kolam.

Menjadi Aktivis Pergerakan

Perkenalan Sukarni dengan dunia pergerakan nasional yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dimulai ketika usia masih remaja, 14 tahun, saat dia masuk menjadi anggota perhimpunan Indonesia Muda tahun 1930. Semenjak itu dia berkembang menjadi pemuda militan dan revolusioner. Malah dia sempat mendirikan organisasi Persatuan Pemuda Kita.

Waktu di MULO, Sukarni dikeluarkan dari sekolah karena cari gara-gara dengan Belanda. Bukannya padam, semangat belajarnya malah makin membara. Dia sekolah ke Yogyakarta, kemudian ke Jakarta di sekolah guru. Malah atas bantuan Ibu Wardoyo (kakak Bung Karno) Sukarni disekolahkan di Bandung jurusan jurnalistik.

Pada masa-masa di Bandung inilah, konon Sukarni pernah mengikuti kursus pengkaderan politik pimpinan Soekarno. Disinilah dia bertemu dan mengikat sahabat dengan Wikana, Asmara Hadi dan Trimurti.

Tahun 1934 Sukarni berhasil menjadi Ketua Pengurus Besar Indonesia Muda, sementara itu Belanda mulai mencurigainya sebagai anak muda militan. Tahun 1936 pemerintah kolonial melakukan penggerebekan terhadap para pengurus Indonesia Muda, tapi Sukarni sendiri berhasil kabur dan hidup dalam pelarian selama beberapa tahun.

Masa Jepang

Tidak lama sebelum Jepang masuk, Sukarni tertangkap di Balikpapan dan kemudian dibawa ke Samarinda. Namun, setelah Jepang masuk, Sukarni berserta beberapa tokoh pergerakan lain seperti Adam Malik dan Wikana malah dibebaskan oleh Jepang. Awal-awal pendudukan Jepang, Sukarni sempat bekerja di kantor berita Antara yang didirikan oleh Adam Malik (yang kemudian berubah jadi Domei). Di masa Jepang ini, Sukarni juga bertemu dengan Tan Malaka. Tan Malaka-lah otak pembentukan partai Murba dan dia juga lah yang menyarankan kepada anggota Murba lainnya agar Sukarni yang menjadi Ketua Umum.

Tahun 1943, bersama Chairul Saleh, dia memimpin Asrama Pemuda di Menteng 31. Disitu Sukarni makin giat menggembleng para pemuda untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Seperti diketahui, pada kurun selanjutnya, Menteng 31 dikenal sebagai salah satu pusat penting yang melahirkan tokoh angkatan 45.

Peristiwa Rengasdengklok

Mendengar berita kekalahan Jepang, kelompok pemuda dengan kelompok bawah tanah pimpinan Syahrir, bersepakat bahwa inilah saat yang tepat untuk memproklamirkan kemerdekaan. Sukarni, Wikana dan kelompok pemuda lainnya mendesak Soekarno dan Hatta, tapi mereka berdua menolak. Terjadi perdebatan sengit. Akhirnya, dengan tujuan menjauhkan Soekarno-Hatta dari “pengaruh” Jepang, kedua pemimpin itu “diculik” ke Rengasdengklok oleh kelompok pemuda dengan pimpinan Sukarni.

Seputar Proklamasi

Untunglah semua pihak kemudian bersepakat bahwa proklamasi kemerdekaan dilakukan pada 17 Agustus 1945 dan itulah yang terjadi. Selanjutnya, Sukarni bekerja mengemban amanat kemerdekaan, bahu-membahu bersama kelompok pemuda lainnya. Sukarni membentuk Comite Van Aksi (semacam panitia gerak cepat) pada 18 Agustus 1945 yang tugasnya menyebarkan kabar kemerdekaan ke seluruh Indonesia. Khusus untuk para pemudanya dibentuk API (Angkatan Pemuda Indonesia) dan untuk buruh dibentuk BBI (Barisan Buruh Indonesia) yang kemudian melahirkan laskar buruh dan lakcar buruh wanita.

Di zaman RI Yogya, Sukarni menjabat sekretaris Jenderal Persatuan Perjuangan (PP) di bawah ketua Tan Malaka. PP beroposisi dengan pemerintah dan menolak perundingan pemerintah terhadap Belanda. Aksi PP ini membuat Sukarni dijebloskan ke penjara tahun 1946. Selanjutnya Sukarni juga mengalami penahanan di Solo, Madiun, Ponorogo (daerah komunis Muso) di masa pemerintahan Amir Syarifudin (1947/1948)

Menjadi Ketua Partai Murba

Semenjak partai Murba terbentuk Nopember 1948, sampai wafatnya Sukarni menjabat sebagai ketua umumnya. Dia juga duduk sebagai anggota Badan pekerja KNI Pusat. Dalam pemilihan Umum yang pertama (1955) Sukarni terpilih sebagai anggota Konstituante.

Sejak tahun 1961 Sukarni ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia di Peking, ibukota RRT (Republik Rakyat Tiongkok) dan kembali ke tanah air Maret 1964. Konon dalam pertemuan di Istana Bogor Desember 1964, Sukarni sempat memperingatkan Bung Karno atas sepak terjang PKI. Tapi berlawanan dengan harapan, partai Murba malah dibekukan tahun 1965 dan Sukarni beserta pemimpin Murba lainnya dipenjara.

Di masa Orde Baru, Sukarni dibebaskan dan larangan Murba dicabut (direhabilitasikan 17 Oktober 1966). Kemudian Sukarni ditunjuk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA, 1967) yang merupakan jabatan resmi terakhir. Tokoh yang mendapat Bintang Jasa Maha Putera kelas empat ini wafat 7 Mei 1971 dan dimakamkan di Taman Pahlawan Kalibata dengan upacara kenegaraan.

peran sukarni dalam proklamasi

setelah SUKATARDJO (Soekarno-Hatta-A. Soebardjo) menyelesaikan naskah proklamasi. Soekarno mengusulkan agar semua hadirin yang berada di rumah Laksamana Maeda (tempat pembuatan naskah proklamasi) menandatangani naskah tersebut yang dianggap soekarno seperti declaration of independence amerika yang ditandatangin oleh setiap negara bagian. namun, Soekarni mengusulkan agar naskah itu ditandatangin oleh soekarno dan hatta dengan "atas nama bangsa indonesia"


RIWAYAT HIDUP SUKARNI

Posted by : Unknown on : With 0komentar
Next Prev
▲Top▲