1.1 Latar
Belakang
Salah satu
upaya dalam meningkatkan prestasi belajar adalah dengan meningkatkan kemampuan
para guru, khususnya dalam menyampaikan
materi yang disampaikan dan cara mengajar yang baik karena Subriyanto (1988 : 30) menyatakan bahwa
: (1)"Cara mengajar yang baik merupakan
kunci dan persyaratan bagi siswa untuk dapat belajar dengan baik". Cara mengajar yang dimaksudkan disini
adalah metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan kondisi dan kesiapan
mental siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar anak didik. Hal ini sesuai dengan Simanjuntak
(1993:65) menyatakan bahwa : (2)"Para pendidik harus berusaha untuk memelihara dan mampu
mengembangkan minat dan kesiapan anak didik.
Salah satu metode yang di anggap
sesuai dengan pokok bahasan pola dan barisan bilangan adalah metode penemuan
terbimbing hal ini sesuai dengan pendapat Nasution
(1982 ; 58) menyatakan bahwa :
(3)Menemukan dengan membimbing secara
kontinue masih lebih baik dari pada mengajar dengan sekedar memberitahukan
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tapi pada kenyataannya masih banyak seorang guru
yang hanya mengajar dengan (4)metode “sesuka hati”, ada yang ceramah saja,
ada yang duduk saja, ada yang hanya memberikan materi setelah itu ditinggal
pergi, ada yang hanya memiliki prinsip bagaimanapu cara menngajar yang penting
nyaman bagi saya tanpa bagaimana meemikirkan yang di didik mengerti atau tidakSilakan Download Untuk Lebih Lengkapnya...
0 komentar:
Posting Komentar