Wortel Dapat Mencegah Penyakti Jantung

| Rabu, 27 Juni 2012
Manfaat wortel ternyata tidak hanya dapat digunakan untuk mata saja. Asumsi seperti ini telah merajalela di kalangan masyarakat, karena banyak orang berasumsi bahwa wortel kaya akan vitamin A. Tentunya teori seperti memang terbukti benar. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa wortel juga kaya akan berbagai macam vitamin lainnya. Beberapa vitamin yang terkandung dalam wortel diantaranya vitamin C, vitamin K, beta karoten, potasium, dan yang paling dominan tentunya vitamin A. Manfaat wortel ini ternyata setelah diteliti lebih lanjut tidak hanya bermanfaat untuk mata, melainkan berbagai penyakit seperti penyakit mematikan, hipertensi, makula, diabetes serta berbagai penyakit lainnya.

Wortel Bermanfaat Meningkatkan Pengelihatan

Vitamin merupakan kandungan terbanyak dalam wortel. Karena itulah manfaat wortel yang paling utama yakni untuk meningkatkan pengelihatan, mencegah penyakit mata, mengobati penyakit mata, dan menyehatkan mata. Seseorang yang sering mengonsumsi wortel pengelihatannya lebih baik dibanding dengan seseorang yang jarang mengonsumsi wortel. Khasiat wortel ini dapat mempertajam pengelihatan mata disaat kondisi gelap dan melihat dalam pandangan jarak jauh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa wortel dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Mekanisme ini berawal dari manfaat wortel yang dapat mengurangi kolesterol berlebih. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh laboratorium Di Edinburgh, Skotlandia menyatakan bahwa tujuh ons wortel yang dikonsumsi selama berminggu–minggu dapat mengurangi kolesterol sebesar 11 persen. Seperti yagn telah diketahui bahawa seseorang dengan kolesterol tinggi beresiko mengidap penyakit jantung. Maka bagi orang yang telah terdiagnosa atau bahkan masih dicurigai mengidap penyakit jantung, perbanyaklah mengkonsumsi wortel. Maka seseorang yang sering memakan wortel memiliki resiko terkena penyakit jantung hanya sepertiga dibanding orang yang tidak mengonsumsi wortel.

Manfaat Wortel untuk Mencegah Kanker

Penyakit mematikan lainnya yang dapat dicegah dengan wortel adalah kanker. Wortel yang mengandung beta karoten ini merupakan kunci utama dalam mencegah kanker, terutama kanker paru–paru. Selain itu, berdasarkan penelitian menyatakan bahwa wortel yang kaya serat tersebut dapat mengurangi risiko kanker usus sekitar 24 persen. Maka bagi penderita kanker atau orang yang diduga rentan dengan penyakit mematikan sangatlah dianjurkan untuk mengonsumsi wortel mengingat manfaat wortel sangat baik untuk mencegah kanker

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲