Alternatif jalan raya Serpong

| Minggu, 22 Januari 2012
Sebagai daerah penyangga Ibukota Jakarta, Tangerang beserta Depok, Bogor dan Bekasi menjadi rumah bagi mereka yang bekerja di Jakarta. Tidak heran apabila perumahan di Tangerang terus berkembang. Salah satu daerah yang yang berkembang pesat sebagai daerah perumahan adalah daerah Serpong, Tangsel. Dimulai dengan BSD (Bumi Serpong Damai) kemudian bermunculan komplek-komplek perumahan yang lain.

Penambahan hunian tersebut berarti bertambah pula jumlah penduduk yang berarti bertambah pula jumlah kendaraan yang ada. Namun biasanya sarana jalan tidak ikut bertambah. Tidak heran apabila jalan raya Serpong menjadi macet setiap jam berangkat kerja dan pulang kerja.

Permasalahan kemacetan ini ternyata menjadi perhatian juga dari pengembang perumahan. Khususnya pengembang perumahan BSD dan Gading Serpong. Sekarang sudah dibangun sebuah jalan baru yang menghubungkan kedua kompleks perumahan tersebut. Jalan baru tersebut menghubungkan BSD, tepatnya dari cluster Foresta ke Gading Serpong ( Komplek Paramount/Sumarrecon).

Saat saya lewat kemarin, jalan sudah jadi, terbentang jalan yang lumayan lebar, dua jalur dengan pembatas jalan di tengah. Namun jalan ini masih membutuhkan beberapa pembenahan. Oleh karena itu dipasanglah beberapa barikade jalan, walhasil hanya sepeda motor yang dapat dengan bebas berlalu lalang.

Bagi saya pembangunan jalan ini menggembirakan, karena bisa sebagai jalur alternatif dari jalan raya Serpong yang biasanya macet. Dari Kota Tangerang, khususnya wilayah Karawaci akan lebih nyaman lewat jalan ini, daripada harus masuk ke jalan raya Serpong.

Disisi yang lain, pembangunan jalan ini juga mengherankan bagi saya. Di tengah ketidak mampuan pemerintah untuk menambah ruas jalan untuk mengurangi kemacetan. Ternyata pihak swasta dalam hal ini developer dapat membangun jalan yang lebar. Disaat pemerintah susah untuk membebaskan lahan untuk jalan baru, ternyata pihak swasta bisa menguasai lahan yang sedemikian luas.

Anyway, berikut lintasan jalan baru tersebut dan beberapa foto-fotonya (maaf resolusi kecil, maklum pakai HP ) :)

Rute jalan baru, tracking menggunakan endo mondo


Jalan baru dengan 2 lajur

Bunderan

Tapal batas komplek

Sumber : Blogger Benteng

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲